Menimbang
|
:
|
a.
|
bahwa salah satu bentuk jasa
perbankan adalah
memberikan fasilitas transaksi ekspor yang dilakukan oleh nasabah, yang
dikenal dengan istilah Letter of Credit (L/C) Ekspor;
|
|
|
b.
|
bahwa transaksi L/C Ekspor yang berlaku selama ini tidak sesuai dengan
ketentuan syariah;
|
|
|
c.
|
bahwa agar mekanisme transaksi L/C Ekspor
tersebut dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah, Dewan Syariah
Nasional memandang perlu menetapkan fatwa mengenai hal tersebut untuk dijadikan pedoman.
|
|
|
|
|
Mengingat
|
:
|
1.
|
Firman Allah, QS. An-Nisa [4] : 29
|
|
|
|
يَا
أَيُّهَا الَّذَيْنِ آمَنُوْا لاَ تَأْكُلُوْا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ
بِالْبَاطِلِ إِلاَّ أَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ ...
|
|
|
|
“Hai orang yang beriman,
janganlah kamu memakan harta saudaramu dengan cara yang bathil, kecuali
dengan cara perniagaan yang saling rela di antara kalian …”.
|
|
|
2.
|
Firman Allah, QS. Al-Maidah [5]: 1
|
|
|
|
يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا
أَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِ …
|
|
|
|
“Hai orang yang beriman, penuhilah akad-akad
itu…”
|
|
|
3.
|
Firman Allah, QS. Al-Kahfi[18] : 19
|
|
|
|
فَابْعَثُوْا أَحَدَكُمْ بِوَرِقِكُمْ هذِهِ إِلَى
الْمَدِيْنَةِ فَلْيَنْظُرْ أَيُّهَا أَزْكَى طَعَامًا فَلْيَأْتِكُمْ بِرِزْقٍ
مِنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلاَ يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا (الكهف:19)
|
|
|
|
“Maka suruhlah salah
seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini. Dan
hendaklah ia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa
makanan yang lebih baik bagimu, dan hendaklah ia berlaku lemah lembut, dan
janganlah sekali-kali menceritakan
halmu kepada seseorangpun”.
|
|
|
4.
|
Firman Allah, QS . Yusuf [12] :
55
|
|
|
|
قَالَ اجْعَلْنِيْ عَلَى خَزَائِنِ اْلأَرْضِ إِنِّى حَفِيْظٌ عَلِيْمٌ
(يوسف:55)
|
|
|
|
“Jadikanlah aku bendaharawan
negara (Mesir). Sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga lagi
berpengalaman”.
|
|
|
5.
|
Firman Allah, QS . Al Baqarah
[2] : 283
|
|
|
|
فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُمْ بَعْضًا فَلْيُؤَدِّ الَّذَيْ اؤْتُمِنَ
أَمَانَتَهُ وَلْيَتَّقِ اللهَ رَبَّهُ... (البقرة: 283)
|
|
|
|
“ … Maka jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, hendaklah
yang dipercayai itu menunaikan amanatnya dan hendaklah ia bertaqwa kepada
Allah Tuhannya…”.
|
|
|
6.
|
Firman Allah, QS. Al
Qasshash [28] : 26
|
|
|
|
قاَلَتْ اِحْدَاهُمَا يَآ أَبَتِ اسْتَئْجِرْهُ إِنَّ خَيْرَ مَنِ
اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ اْلأَمِيْنُ (القصص: 26)
|
|
|
|
“Salah seorang dari kedua wanita itu berkata : Hai ayahku ambillah ia
sebagai orang yang bekerja (pada kita), karena sesungguhnya orang yang paling
baik kamu ambil untuk bekerja (pada kita) adalah orang yang kuat lagi
dipercaya”.
|
|
|
7.
|
Firman Allah SWT, QS. Yusuf [12] : 72
|
|
|
|
قَالُوْا نَفْقِدُ صُوَاعَ الْمَلِكِ وَلِمَنْ جَاءَ بِهِ حِمْلُ
بَعِيْرٍ وَأَنَاْ بِهِ زَعِيْمٌ
|
|
|
|
“
Penyeru-penyeru itu berseru : Kami kehilangan piala raja, dan barangsiapa
yang dapat mengembalikannya, akan memperoleh bahan makanan (seberat) beban
unta, dan aku menjamin terhadapnya “.
|
|
|
8.
|
Firman Allah SWT, QS.Al-Baqarah [2]: 275
|
|
|
|
...وَأَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ
الرِّبَا...
|
|
|
|
“…Allah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba…”
|
|
|
9.
|
Firman Allah SWT, QS. Shad [38] : 24
|
|
|
|
وَإِنَّ كَثِيْرًا مِنَ الْخُلَطَاءِ لَيَبْغِى بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ
إِلاَّ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوْا الصَّالِحَاتِ وَقَلِيْلٌ مَا هُمْ...
|
|
|
|
“…Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang bersyarikat itu
sebagian dari mereka berbuat zalim kepada yang lain, kecuali orang yang
beriman dan mengerjakan amal saleh, dan amat sedikitlah mereka ini … “.
|
|
|
10.
|
Hadis Nabi SAW riwayat al-Thabrani dari Ibn
Abbas:
|
|
|
|
كَانَ سَيِّدُنَا الْعَبَّاسُ بْنُ
عَبْدِ الْمُطَّلِبِ إِذَا دَفَعَ الْمَال مُضَارَبَةً اِشْتَرَطَ عَلَى
صَاحِبِهِ أَنْ لاَ يَسْلُكَ بِهِ بَحْرًا وَلاَ يَنْزِلَ بِهِ وَادِيًا وَلاَ
يَشْتَرِيَ بِهِ دَابَّةً ذَاتَ كَبِدٍ رَطْبَةٍ، فَإِنْ فَعَلَ ذَلِكَ ضَمِنَ.
فَبَلَغَ شَرْطُهُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَأَجَازَهُ (رواه
الطبراني في الأوسط)
|
|
|
|
Abbas bin Abdul Muthallib jika menyerahkan harta
sebagai Mudharabah
ia mensyaratkan kepada mudharib nya agar tidak mengarungi lautan dan
tidak menuruni lembah, serta tidak membeli hewan ternak. Jika persyaratan itu
dilanggar, ia (mudharib)
harus menanggung risikonya. Ketika persyaratan yang ditetapkan Abbas itu
didengar Rasulullah, beliau membolehkannya.
|
|
|
11.
|
Hadis Nabi SAW riwayat Ibnu Majah dari Shuhaib:
|
|
|
|
أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم
قَالَ: ثَلاَثٌ فِيْهِنَّ الْبَرَكَةُ : اَلْبَيْعُ اِلَى أَجَلٍ,
وَالْمُقَارَضَةُ, وَخَلْطُ الْبُرِّ بِالشَّعِيْرِ لِلْبَيْتِ لاَ لِلْبَيْعِ
(رواه ابن ماجه)
|
|
|
|
Nabi bersabda: Ada tiga hal yang mengandung
berkah: jual beli tidak secara tunai, muqaradhah (mudharabah), dan mencampur
gandum halus dengan jewawut (gandum kasar) untuk keperluan rumah tangga,
bukan untuk dijual.
|
|
|
12.
|
Hadis Nabi riwayat ‘Abd ar-Razzaq dari Abu Hurairah dan
Abu Sa’id al-Khudri, Nabi s.a.w. bersabda:
|
|
|
|
مَنِ اسْتَأْجَرَ
أَجِيْرًا فَلْيُعْلِمْهُ أَجْرَهُ.
|
|
|
|
Barang siapa mempekerjakan pekerja, beritahukanlah
upahnya.
|
|
|
13.
|
Hadis Nabi riwayat Abu Dawud dan
Al-Tirmidzi:
|
|
|
|
أنَّ الرسولَ صلى الله عليه وسلم
دَفَعَ دِيْنَارًا إِلَى حَكيْمِ بْنِ حِزَامٍ لِيَشْتَرِيَ لَهُ بِهِ
أُضْحِيَةً (رواه أبو داود والترمذي)
|
|
|
|
Nabi s.a.w. menyerahkan satu dinar kepada Hakim bin Hizam
untuk membeli hewan qurban.
|
|
|
14.
|
Hadis riwayat Tirmizi dari 'Amr bin 'Auf al-Muzani,
Nabi s.a.w. bersabda:
|
|
|
|
اَلصُّلْحُ جَائِزٌ
بَيْنَ الْمُسْلِمِينَ إِلاَّ صُلْحًا حَرَّمَ حَلاَلاً أَوْ أَحَلَّ حَرَامًا
وَالْمُسْلِمُونَ عَلَى شُرُوطِهِمْ إِلاَّ شَرْطًا حَرَّمَ حَلاَلاً أَوْ
أَحَلَّ حَرَامًا.
|
|
|
|
“Perjanjian boleh dilakukan di antara kaum muslimin
kecuali perjanjian yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram;
dan kaum muslimin terikat dengan syarat-syarat mereka kecuali syarat yang
mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram.”
|
|
|
15.
|
Kaidah Fiqih:
|
|
|
|
الأَصْلُ فِي
الْمُعَامَلاَتِ اْلإِبَاحَةُ إِلاَّ أَنْ يَدُلَّ دَلِيْلٌ عَلَى
تَحْرِيْمِهَا.
|
|
|
|
“Pada dasarnya, segala bentuk mu’amalat boleh dilakukan
kecuali ada dalil yang mengharamkannya.”
|
|
|
|
أَيْنَمَا وُجِدَتِ
الْمَصْلَحَةُ فَثَمَّ حُكْمُ اللهِ.
|
|
|
|
“Di mana terdapat kemaslahatan, di sana terdapat hukum
Allah."
|
|
|
|
اَلْمَشَقَّةُ
تَجْلِبُ التَّيْسِيْرَ
|
|
|
|
“Kesulitan dapat menarik kemudahan.”
|
|
|
|
اَلْحَاجَةُ
قَدْ تَنْزِلُ مَنْزِلَةَ الضَّرُوْرَةِ
|
|
|
|
“Keperluan dapat menduduki posisi
darurat.”
|
|
|
|
اَلثَّابِتُ
بِالْعُرْفِ كَالثَّابِتِ بِالشَّرْعِ
|
|
|
|
“Sesuatu yang berlaku berdasarkan adat kebiasaan sama
dengan sesuatu yang berlaku berdasarkan syara’ (selama tidak bertentangan
dengan syari’at).”
|
|
|
|
|
Memperhatikan
|
:
|
1.
|
Pendapat ulama tentang
Wakalah bil-Ujrah
|
|
|
|
تَصِحُّ الْوَكَالَةُ بأجرٍ وبغيرِ أجرٍ, لأنَّ النبيَّ صلى الله عليه
وسلم كان يبعثُ عمَّالَه لقبضِ الصَّدقاتِ ويجعلُ لهم عُمولةً...وإذا كانتِ
الوكالةُ بأجر أي (بجعل) فحكمُها حكمُ الإِجَارَاتِ.
|
|
|
|
Ibnu
Qudamah dalam Al-Mughni (V/85), Asy-Syarkhasi dalam Takmilah Fathul
Qadir (VI/2), Wahbah Al-Zuhaili dalam al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu
(V/4058)
|
|
|
2.
|
Pendapat
para ulama tentang Al-Bai’ (Jual-beli) dan mewakilkan dalam jual-beli. Wahbah
Al-Zuhaili dalam al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu (V/4078) berkata:
|
|
|
|
وأمَّا التوكيلُ بالبيعِ والشِّراءِ فيجوزُ بلا خلافٍ بين الفقهاءِ,
لأنهما ممَّا يملِك الموكِّلُ مباشرتَهما بنفسهِ, فيملك التفويضَ إلى غيرهِ.
|
|
|
3.
|
Fatwa-fatwa
DSN-MUI mengenai Ijarah, Qardh,
Mudharabah, dan Musyarakah
|
|
|
4.
|
Surat
Direksi BMI Nomor 150/BMI/FSG/VII/2002 ter-tanggal 11 Juli 2002 perihal
permohonan fatwa tentang Skema Transaksi LC Impor dan LC Ekspor.
|
|
|
5.
|
Pendapat peserta Rapat Pleno DSN-MUI tanggal 14
September 2002/ 7 Rajab 1423 H.
|
|
|
|
MEMUTUSKAN
|
Menetapkan
|
:
|
|
FATWA TENTANG L/C EKSPOR
SYARIAH
|
Pertama
|
:
|
|
Ketentuan Umum :
|
|
|
1.
|
Letter of Credit (L/C) Ekspor Syariah adalah surat
pernyataan akan membayar kepada Eksportir yang diterbitkan oleh Bank untuk
memfasilitasi perdagangan ekspor
dengan pemenuhan persyaratan tertentu sesuai dengan prinsip syariah
|
|
|
2.
|
L/C Ekspor Syariah dalam
pelaksanaannya meng-gunakan akad-akad: Wakalah bil Ujrah, Qardh, Mudharabah, Musyarakah dan Al-Bai’.
|
Kedua
|
:
|
|
Ketentuan Akad :
|
|
|
|
Akad untuk L/C Ekspor
yang sesuai dengan syariah dapat berupa:
|
|
|
|
Akad
Wakalah bil Ujrah dengan ketentuan:
a. Bank
melakukan pengurusan dokumen-dokumen ekspor;
b. Bank
melakukan penagihan (collection) kepada bank penerbit L/C (issuing
bank), selanjutnya dibayarkan kepada eksportir setelah dikurangi ujrah;
c. Besar
ujrah harus disepakati di awal dan dinyatakan dalam bentuk nominal, bukan
dalam prosentase.
|
|
|
|
Akad Wakalah bil Ujrah
dan Qardh dengan ketentuan:
a.
Bank melakukan pengurusan
dokumen-dokumen ekspor;
b.
Bank melakukan penagihan (collection)
kepada bank penerbit L/C (issuing bank);
c.
Bank memberikan
dana talangan (Qardh) kepada nasabah eksportir sebesar harga barang ekspor;
d.
Besar ujrah harus
disepakati di awal dan dinyatakan dalam bentuk nominal, bukan dalam bentuk
prosentase.
e.
Pembayaran
ujrah dapat diambil dari dana talangan sesuai kesepakatan dalam akad.
f.
Antara akad Wakalah bil
Ujrah dan akad Qardh, tidak dibolehkan adanya keterkaitan (ta’alluq).
|
|
|
|
Akad Wakalah Bil Ujrah dan Mudharabah dengan
ketentuan:
a.
Bank memberikan kepada
eksportir seluruh dana yang dibutuhkan dalam proses produksi barang ekspor
yang dipesan oleh importir;
b.
Bank melakukan pengurusan
dokumen-dokumen ekspor;
c.
Bank melakukan penagihan (collection) kepada bank penerbit L/C
(issuing bank).
d.
Pembayaran oleh bank penerbit
L/C dapat dilakukan pada saat dokumen diterima (at sight) atau
pada saat jatuh tempo (usance);
e.
Pembayaran dari bank penerbit L/C (issuing bank)
dapat digunakan untuk:
f.
Pembayaran
ujrah;
g.
Pengembalian dana mudharabah;
h.
Pembayaran
bagi hasil.
i.
Besar
ujrah harus disepakati di awal dan dinyatakan dalam bentuk nominal, bukan
dalam bentuk prosentase.
|
|
|
|
Akad
Musyarakah dengan ketentuan:
a.
Bank
memberikan kepada eksportir sebagian dana yang dibutuhkan dalam proses
produksi barang ekspor yang dipesan oleh importir;
b.
Bank
melakukan pengurusan dokumen-dokumen ekspor;
c. Bank melakukan penagihan
(collection) kepada bank penerbit L/C (issuing bank);
d.
Pembayaran
oleh bank penerbit L/C dapat dilakukan pada saat dokumen diterima (at
sight) atau pada saat jatuh tempo (usance);
e.
Pembayaran
dari bank penerbit L/C (issuing bank)
dapat digunakan untuk:
f.
Pengembalian
dana musyarakah;
g.
Pembayaran
bagi hasil.
|
|
|
|
Akad
Al-Bai’ (Jual-beli) dan Wakalah dengan ketentuan:
a. Bank
membeli barang dari eksportir;
b. Bank
menjual barang kepada importir yang diwakili eksportir;
c. Bank
membayar kepada eksportir setelah pengiriman barang kepada importir;
d.
Pembayaran oleh bank
penerbit L/C (issuing bank) dapat dilakukan pada saat dokumen diterima
(at sight) atau pada saat jatuh tempo (usance).
|
Ketentuan Penutup
|
|
|
Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan
ketentuan jika di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah dan
disempurnakan sebagai-mana mestinya.
|