Menimbang
|
:
|
a.
|
bahwa
salah satu bentuk jasa
pelayanan keuangan yang
menjadi kebutuhan masyarakat adalah
pinjaman dengan menggadaikan barang
sebagai jaminan hutang;
|
|
|
b.
|
bahwa lembaga keuangan syari'ah (LKS) perlu merespon kebutuhan
masyarakat tersebut
dalam berbagai produknya;
|
|
|
c.
|
bahwa
agar cara tersebut dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah, Dewan Syariah
Nasional memandang perlu menetapkan fatwa untuk dijadikan pedoman tentang Rahn,
yaitu menahan barang sebagai jaminan atas hutang.
|
Mengingat
|
:
|
1.
|
Firman
Allah, QS. Al-Baqarah
[2]: 283:
|
|
|
|
وَإِنْ كُنْتُمْ
عَلَى سَفَرٍ وَلَمْ تَجِدُوْا كَاتِبًا فَرِهَانٌ مَقْبُوْضَةٌ …
|
|
|
|
“Dan
apabila kamu dalam perjalanan sedang kamu tidak memperoleh seorang juru
tulis maka hendaklah ada barang tanggungan yang dipegang ...”.
|
|
|
2.
|
Hadis
Nabi riwayat al-Bukhari dan Muslim dari ‘Aisyah r.a., ia berkata:
|
|
|
|
أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اشْتَرَى طَعَامًا مِنْ يَهُوْدِيٍّ إِلَى أَجَلٍ وَرَهَنَهُ دِرْعًا مِنْ
حَدِيْدٍ.
|
|
|
|
“Sesungguhnya Rasulullah s.a.w. pernah membeli
makanan dengan berhutang dari seorang Yahudi, dan Nabi menggadaikan sebuah
baju besi kepadanya.”
|
|
|
3.
|
Hadits Nabi riwayat
al-Syafi'i, al-Daraquthni dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah, Nabi s.a.w.
bersabda:
|
|
|
|
لاَ يَغْلَقُ الرَّهْنُ مِنْ
صَاحِبِهِ الَّذِيْ رَهَنَهُ، لَهُ غُنْمُهُ وَعَلَيْهِ غُرْمُهُ.
|
|
|
|
"Tidak terlepas kepemilikan barang gadai dari pemilik yang
menggadaikannya. Ia memperoleh manfaat dan menanggung resikonya."
|
|
|
4.
|
Hadits Nabi riwayat Jama’ah, kecuali Muslim dan al-Nasa’i, Nabi s.a.w.
bersabda:
|
|
|
|
اَلظَّهْرُ يُرْكَبُ بِنَفَقَتِهِ إِذَا كَانَ
مَرْهُوْنًا، وَلَبَنُ الدَّرِّ يُشْرَبُ بِنَفَقَتِهِ إِذَا كَانَ مَرْهُوْنًا،
وَعَلَى الَّذِيْ يَرْكَبُ وَيَشْرَبُ النَّفَقَةُ.
|
|
|
|
"Tunggangan
(kendaraan) yang digadaikan boleh dinaiki dengan menanggung biayanya dan binatang
ternak yang digadaikan dapat diperah susunya dengan menanggung biayanya.
Orang yang menggunakan kendaraan dan memerah susu tersebut wajib menanggung
biaya perawatan dan pemeliharaan."
|
|
|
5.
|
Ijma:
|
|
|
|
Para
ulama sepakat membolehkan akad
Rahn (al-Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu,
1985, V: 181).
|
|
|
6.
|
Kaidah
Fiqih:
|
|
|
|
الأَصْلُ فِي الْمُعَامَلاَتِ
اْلإِبَاحَةُ إِلاَّ أَنْ يَدُلَّ دَلِيْلٌ عَلَى تَحْرِيْمِهَا.
|
|
|
|
Pada
dasarnya segala bentuk muamalat boleh dilakukan kecuali ada dalil yang
mengharamkannya.
|
|
|
|
|
Memperhatikan
|
:
|
1.
|
|
|
|
|
وأما الإجماع
فأجمع المسلمون على جواز الرهن في الجملة (المغني لابن قدامة، ج 4 ، ص 367)
|
|
|
|
لِلرَّاهِنِ
كُلُّ انْتِفَاع بالرهن لا يترتب عليه نقص المرهون (مغني المحتاج للشربيني، ج 2
ص 131)
|
|
|
|
يَرَى
الْجُمْهُوْرُ غَيْرُ الْحَنَابِلَةِ أَنَّهُ لَيْسَ لِلْمُرْتَهِنِ أَنْ
يَنْتَفِعَ بِشَيْءٍ مِنَ الرَّهْنِ
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Pendapat
peserta Rapat Pleno Dewan Syari’ah Nasional pada hari Kamis, 14 Muharram 1423
H./ 28 Maret 2002 dan hari Rabu, 15
Rabi’ul Akhir 1423 H. / 26 Juni 2002
|
|
|
|
|
|
|
|
MEMUTUSKAN
|
Menetapkan
|
:
|
|
FATWA TENTANG RAHN
|
Pertama
|
:
|
Hukum
|
|
|
|
Bahwa
pinjaman dengan menggadaikan barang
sebagai jaminan
hutang dalam bentuk Rahn dibolehkan dengan
ketentuan sebagai berikut.
|
|
Kedua
|
:
|
Ketentuan Umum
|
|
|
|
1.
|
Murtahin
(penerima barang) mempunyai hak untuk menahan Marhun (barang) sampai semua hutang Rahin (yang
menyerahkan barang) dilunasi.
|
|
|
2.
|
Marhun
dan manfaatnya tetap menjadi milik Rahin. Pada prinsipnya, Marhun
tidak boleh dimanfaatkan oleh Murtahin kecuali seizin Rahin,
dengan tidak mengurangi nilai Marhun dan pemanfaatannya itu sekedar
pengganti biaya pemeliharaan dan perawatannya.
|
|
|
3.
|
Pemeliharaan
dan penyimpanan Marhun pada dasarnya menjadi kewajiban Rahin,
namun dapat dilakukan juga oleh Murtahin, sedangkan biaya dan
pemeliharaan penyimpanan tetap menjadi kewajiban Rahin.
|
|
|
4.
|
Besar
biaya pemeliharaan dan penyimpanan Marhun tidak boleh ditentukan
berdasarkan jumlah pinjaman.
|
|
|
5.
|
Penjualan
Marhun
|
|
|
|
a.
|
Apabila
jatuh tempo, Murtahin harus memperingatkan Rahin untuk segera
melunasi hutangnya.
|
|
|
|
|
b.
|
Apabila
Rahin tetap tidak dapat melunasi hutangnya, maka Marhun dijual
paksa/dieksekusi melalui lelang sesuai syariah.
|
|
|
|
|
c.
|
Hasil
penjualan Marhun digunakan untuk melunasi hutang, biaya pemeliharaan
dan penyimpanan yang belum dibayar serta biaya penjualan
|
|
|
|
|
d.
|
Kelebihan hasil penjualan menjadi milik Rahin
dan kekurangannya menjadi kewajiban Rahin.
|
|
Kedua
|
:
|
Ketentuan Penutup
|
|
|
|
1.
|
Jika salah satu pihak tidak menunaikan
kewajibannya atau jika terjadi perselisihan di antara kedua belah pihak, maka
penyelesaiannya dilakukan melalui Badan Arbitrase Syari’ah setelah tidak
tercapai kesepakatan melalui musyawarah.
|
|
|
2.
|
Fatwa
ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan jika di kemudian hari
ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah dan disempurnakan sebagai-mana
mestinya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|